Electronic Commerce / E-Commerce ialah proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
Jenis-jenis E-Commerce.
Kegiatan E-Commerce mencakup banyak hal, untuk membedakannya E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya :
1. Business to Business, karakteristiknya :
• Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.
• Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.
• Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
• Model yang umum digunakan adalah peer to peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
2. Business to Costumer, karakteristiknya :
• Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula.
• Servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
• Servis yang digunakan berdasarkan permintaan.
• Sering dilakukan sistim pendekatan client-server.
Tujuan Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.
Mantaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Manfaat dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi adalah :
• Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
• Menurunkan biaya operasional (operating cost).
• Melebarkan jangkauan (global reach).
• Meningkatkan customer loyalty.
• Meningkatkan supply management.
• Memperpendek waktu produksi.
1. jelaskan keuntungan e-commerce untuk costumer serta permasalahan kendala apa saja yang dihadapi oleh costumer ?
Keuntungan dari E-commerce untuk costumer :
Bagi costumer
a. Akses penuh 24 jam / 7 hari
b. Lebih banyak pilihan
c. Perbandingan harga
d. Proses pengantaran produk yang inovatif
Permasalahannya/kendala :
Bagi costumer
a. Perlunya keahlian komputer
b. Biaya tambahan untuk mengakses internet
c. Biaya peralatan komputer
d. Risiko bocornya privasi dan data pribadi
e. Berkurangnya waktu untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain
f. Berkurangnya rasa kepercayaan karena costumer berinteraksi hanya dengan komputer.
2. Menurut pengamatan anda, faktor apa saja yang membuat sebuah situs e-commerce dianggap berhasil ?
• Akses kepada pasar yang lebih luas dan potensi pelanggan baru yang lebih banyak
• Pelanggan akan lebih mudah mendapatkan informasi yang diperlukan secara on-line
• Meningkatkan efesiensi dalam memberikan layanan pada pelanggan.
• Penghematan berbagai macam cost antara lain transportasi, komunikasi, telepon, fax, dll.
3. Berikan 1 contoh untuk 3 jenis e-commerce dan tentukan jenis e-commerce tersebut serta alasannya !
Contoh pada Business to Costumer :
• www.amazon.com ( menjual buku pada setiap individual dan perusahaan melalui internet )
• www.walmart.com ( menjual barang kebutuhan sehari-hari secara individual melalui internet )
• dell.com ( menjual komputer kepada konsumen secara individual melalui internet )
Alasannya :
• Penjualan dapat dilakukan secara online ke seluruh dunia
• Promosi dapat dilakukan dalam & luar negeri dengan biaya yang kecil
• Pengelolaan bisnis yang mudah dan cepat
• Informasi perkembangan bisnis terkini dapat diperoleh
• Perkembangan Desain produk terbaru dapat diperoleh
4. Uraikan mekanisme dari E-commerce untuk situs yang anda pilih !
Business to Costumer :
Misalkan seorang remaja ingin membeli sebuah jaket unik secara online yang dipasarkan di luar daerah. Maka ia harus mengkonfirmasikan kepada si penjual via online agar bisa mendapatkan barang tersebut. Untuk itu, ia harus meminta identitas si penjual secara lengkap begitu juga identitas si costumer tersebut. Jika kedua belah pihak sudah sepakat akan harga yang ditentukan selanjutnya, tinggal menunggu barang yang dipesan tersebut datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar